Nasyid Al-Irsyad adalah Mars organisasi Al-Irsyad Al-Islamiyyah yang sudah secara resmi dipakai pada muktamar ke-25 Al-Irsyad Al-Islamiyyah tahun 1939 di kota surabaya. Arasement mars Al-Irsyad ini diciptakan oleh Polen (seorang berkebangsaaan Belanda yang bertugas sebagai guru musik pada kepanduan atau Hizbul Irsyad Padvinderij Cabang Bondowoso, Dahulu kepanduan ini dikenal pula  pula dengan nama kasyafah. Dalam membuat aransement ini Polen tidak sendirian, ia bersama-sama dengan bapak Said Hamdun, Said Attamimi dan rekan menyempurnakan gubahannya hingga mars yang sekarang kita kenal.
Sedangkan syairnya dibuat oleh Ustadz Zain Bawazir dan disempurnakan oleh Ustadz muhammad Munif. kedua orang tokoh ini karyanya sangat monumental bagi Al-Irsyad yaitu mars dan logo. sebagai guru dan juga toko sentral bagi madrasah yang dipimpinnya, kedua orang tokoh ini dalam menciptakan karya monumentalnya  tersebut selalu melibatkan anak didiknya. jika Mars Al-Irsyad terlahir dari kader terdidik pada madrasah Al-Irsyad bondowoso, Asuhan Ustadz Zein bawazir melalui  kasyafah Al-Irsyad yang dibinanya sedangkan logo Al-Irsyad yang sekarang kita kenal tercipta dari kreasi anak didik pada madrasah Al-Irsyad pekalongan yang kemudian dirancang serta disempurnakan oleh gurunya Ustadz Muhammad Munif.
Kedua atribut resmi organisasi  logo dan mars ini memang dipersiapkan oleh jumiyyah sejak tahun 1930-an untuk menyongsong muktamar yang ke-25 pada tanggal 26 September 1939 dan diselenggarakan secara besar-besaran di kota Surabaya. Karena itulah muktamar ini dinamakan dengan "kongres Jubelium 25 Tahoen Al-Irsjad" Sejak itu pula penomoran urutan-urutan muktamr dicatat dari ke-25 hingga yang terakhir diselenggarakan pada muktamar ke-39 di Jakarta tahun 2012.